Tuesday, June 11, 2013

Makelar

makelar 
Apakah Makelar itu ?
Apakah sebenarnya makelar itu ? berdasarkan kamus besar bahasa Indonesia  makelar adalah :
(1) perantara perdagangan (antara pembeli dan penjual); orang yang menjualkan barang atau mencarikan pembeli; pialang
(2) orang yang menjualkan barang untuk orang lain atas dasar komisi.
Makelar merupakan pekerjaan yang bisa dijadikan sebagai pekerjaan sampingan yang dapat memberikan pemasukan atau income bagi yang melaksanakannya. Di Indonesia atau bahkan di Negara lainnya, bisnis menjadi makelar cukup banyak dijumpai. Tidak terlepas dari situasi maupun kondisi yang ada, dimana tempatnya dan kapanpun waktunya. Sasaran bisnis yang membutuhkan perantara adalah segala macam bentuk usaha yang ada dilingkungan masyarakat. Misalnya : bisnis jual beli mobil, jual beli motor, jual beli barang elektronik, persewaan jasa, dan sebagainya.
Dalam pekerjaannya, seorang makelar mempunyai tujuan yaitu membantu orang yang membutuhkan. Dalam hal ini membantu mencarikan jalan/solusi/barang/jasa yang dibutuhkan oleh calon konsumen yang mana kebutuhannya tersebut mampu diberikan dan mampu menjawab apa yang di inginkan oleh konsumen. Tentunya dengan hasil yang memuaskan. Bisnis menjadi makelar pada umumnya dijadikan bisnis sampingan oleh yang menjalaninya. Bisa dilihat di sekitar kita, bahwa orang yang notabene adalah seorang makelar, ternyata menjalaninya denagn waktu yang fleksibel dan biasanya dilakukan denagn juga melakukan pekerjaanutama lainnya. Misalkan. Seorang Teknisi Komputer yang bisa mendapatkan penghasilan tambahan dengan menjadi makelar barang elektronik. Dia mempunyai pekerjaan utama sebagai seorang teknisi computer. Tetapi dia bisa menjadi prantara bagi oarng yang membutuhkan computer beserta assesorisnya. Dia tahu dimana mendapatkan barang/peralatan computer yang murah dan berkualitas. Tentu saja dengan berbekal kemampuannya tersebut, apabila ada orang yang ingin membeli komputer, maka dia memberikan penawaran info kepada calon pembeli utnuk memilih dan mendapatkan computer yang diinginkannya. Dia bekerjasama denagn berbagai toko/distributor/agen yang menjual peralatan computer. Dengan demikian setiap ada orang yang membeli melalui dia, maka komisi bisa dia dapatkan.
Begitulah seorang makelar bisa mendapatkan penghasilan tambahan diluar gaji pokoknya sebagi teknisi computer.
Seperti itulah makelar bekerja. Hanya dengan memberikan solusi/penawaran kepada calon pembeli, dan bila terjadi pembelian, maka makelar mendapatkan komisi. Pekerjaan yang cukup mudah tanpa harus bermodalkan dana yang besar. Dan yang terpenting adalah seorang makelar harus menjunjung tinggi asas kejujuran dan kejelasan dana bernegoisasi dengan calon pelanggan.

No comments:

Post a Comment

Peluang Usaha Mudah

Peluang Usaha Mudah
PELUANG USAHA