Wednesday, June 19, 2013
Menghadapi komplain pelanggan
Dalam menjual sesuatu barang/jasa, alangkah baiknya bila berani mengambil resiko yaitu di komplain oleh pembeli/pelanggan. Nah berikut adalah langkah yang sebainya dilakukan oleh penjual ketika menghadapai pelanggan yang komplain.
1. Jangan panik
Jangan panik saat anda mendengarkan pelanggan anda yang complain, karena akan dapat membuat anda bingung harus berbuat apa bila sedang panik. Sikapi dengan santai dah ramah
2. Dengarkan dan Pahami
Jangan memotong penjelasan dari mereka, dengarkan keluhan mereka dan pahami faktor yang membuat mereka merasa kurang puas dan usahakan anda tetap bisa santun dalam berbahasa ketika sedang merespon keluhan mereka.
3. Minta Maaf
Setelah anda memahami akar permasalahan yang membuat pelanggan anda menjadi kecewa, sebisa mungkin anda segera "Minta maaf" bila itu memang kesalahan anda dan usahakan anda tidak akan melakukan kesalahan di kemudain hari,
4. Selesaikan Masalah.
Segera selesaikan masalah anda dengan konsumen anda, entah dengan cara mengganti barang yang rusak atau mengganti rugi dengan uang, yang penting pelanggan anda tidak kecewa.
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
terima kasih info nya ya
ReplyDelete(*) Septic Tank Bio Ramah Lingkungan
(*) Talang Air Fibreglass
(*) Bak kolam Ikan Fibreglass
(*) Tangki Kimia Fibreglass
(*) Jasa Repair Tangki Panel Fibreglass
(*) Pipa Fibreglass Tahan Kimia
(*) Penjebak Lemak Fibreglass
(*) Pelapisan Fibreglass Tahan Kimia